Trik Jitu Komunikasi Efektif di Social Media Marketing

Trik Jitu Komunikasi Efektif di Social Media Marketing   social media    Social Media Marketing Indonesia Social Media Indonesia Tips 1 – Giving :

Dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan followers/friends gunakan prinsip “giving” , memberi-memberi-memberi. Berilah mereka konten-konten yang berguna berupa informasi, inspirasi, tips-tips yang berkaitan dengan merek/activity Anda. “The more you give, the more you get”. Semakin banyak Anda memberi, maka followers/friends Anda akan memberikan loyalitas dan trust mereka kepada merek Anda.

Tips 2 – Conversation :

Komunikasi yang Anda lakukan haruslah dua arah, dimana setiap komentar, masukan, dan curhat dari follower/friends harus direspon secara interaktif. Itu sebabnya kita paling tidak setuju dengan social media automation, dimana merek diprogram ngomong melulu kepada followers/friends, tanpa pernah peduli omongan mereka. Jadi komunikasi yang harus dikembangkan di media sosial adalah komunikasi interaktif, bukan komunikasi robot.

Tips 3 : Listening :

Fungsi penting komunikasi disamping ngomong (conversation) adalah mendengarkan (listening). Di ranah social media marketing kita harus melakukan conversation dan listening secara proporsional. Dengan kontinyu mendengar updates atau posting dari followers/friends maka kita akan menunjukkan bahwa kita peduli kepada mereka, tidak selfish. Kepedulian ini merupakan modal luar biasa untuk menjalin relationship antara merek dengan konsumen.

Tips 4 : Passing :

Harus mengerti gaya obrolan pada masing-masing media. Misalnya, di Kaskus itu gaya obrolannya begini, beda dengan gaya obrolan di Facebook atau twitter. Gaya bahasanya bagaimana, kita harus tahu dan bersedia meniru.

Tips 5 : Enthusiasm :

Harus benar-benar ingin ngobrol. Jangan bilang mau ngobrol tapi jualan. Boleh juga diselipkan jualan, tapi jangan terlalu kentara. Kalau mau jualan di media lain (activation, promo dll). Harus bisa menerima kritik. Kritik di social media hal biasa. Terhadap suara sumbang, harus bisa menjelaskan dengan baik agar permasalahan menjadi clear.

 

FOG communication 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*