Content is The King or Contest is The King?

Content is The King or Contest is The King?   social media    Social Media Marketing social media Menarik memperhatikan social media di Indonesia. Utamanya setelah banyak perusahaan yang mulai menyadari pentingnya terjun ke social media yang sebelumnya dianggap ‘tabu’.

Perusahaan yang terjun ke social media marketing ada yang benar-benar menyadari potensi social media.  Mereka membuat team social media sendiri. Atau ada yang sekedar mencoba-coba dengan budget seadanya. Dan ada pula yang sekedar ikut-ikutan trend saja.

Fenomena Contest di Social Media

Ada fenomena menarik setahun belakangan ini di social media marketing indonesia.  apa? Ada banyak contest di social media. Ya..contest dengan hadiah-hadiah yang menarik dengan memanfaatkan facebook, twitter, kaskus dll.

Walau saya tak punya datanya, tapi mengadakan contest menjadi pilihan bagi perusahaan social media. Menariknya, contest menjadi pilihan banyak perusahaan terjuan ke social media. Tak salah sih mengadakan contest di social media.

Contest bisa saja menjadi pilihan tepat sesuai tujuan si brand atau perusahaan, misalnya untuk membangun Brand awareness. Apalagi  banyak brand atau perusahaan yang mengukur keberhasilan terjun ke social media dari angka follower twitter atau liker Facebook, jadi contest bisa saja menjadi cara singkat mendapat banyak follower.

Fenomena Quiz Hunter

Quiz hunter, mungkin kata itu kerap kita dengar, baca di timeline atau di blog. Kata itu mulai familiar seiring perkembangan social media dan fenomena contest itu sendiri.

Quiz hunter, ya para pemburu Quiz/contest. Awalnya kata quiz hunter familiar di twitter namun kini mulai familiar chanel di social media lainnya.

Kami beberapa kali ikut contest, tapi tak pernah menang, mungkin tidak berbakat dan kurang perjuangannya untuk menang. Tapi lain hal dengan cerita seorang kawan  yang selalu hoki dapat hadiah Quiz. Sejumlah gadget-gadget terbaru berhasil ia dapatkan dari contest, wow…

Cerita lainnya, kawan blogger akhirnya mengupdate blognya kembali setelah lama vakum karena contest.  Atau seoarang blogger yang postingannya penuh dengan lomba-lomba.  Bahkan ada yang sengaja memposting hasil-hasil lombanya postingannya.

Efektifkah Contest di social media ?

Tak ada yang salah mengadakan contest dan atau mengikuti contest. Bagi brand selama itu menguntungkan tak masalah dan bagi para quiz hunter juga tak salah dengan mengikuti contest.

Walaupun contest masih menjadi perdebatan soal efektifikasnya. Bagi beberepa brand mungkin iya, tapi bagi yang lainnnya tidak. Bagi yang merasakan merasa efektif tentu saja karena tujuannya terjun ke social media tercapai.  Karena jumlah follower brand bertambah misalnya.

Namun bagi brand yang lainnya mungkin tidak.  Seorang kawan social media strategic mengatakan bahwa ia dan banyak teman-temannya mulai menghindari contest. Pasalnya tak efektif karena contest hanya dikejar oleh para quiz hunter yang hanya mengejar hadiah. Sehingga tujuan utama dari adanya contest bagi brand atau perusahaan itu tidak tercapai.

Content VS Contest

Jika contest sudah mulai di hindari, lalu apa pilihan yang terbaik? Jelas conten!. Conten is King.

FOG communication 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*