Social Media Marketing

Social Media Marketing      Kini era Social Media Marketing secara pelan namun pasti telah ‘memaksa’ banyak perusahaan mengubah cara mereka berkomunikasi. Maraknya penggunaan social media misal: Facebook, Twitter, blog, youtube dan forum mau tak mau memaksa perusahaan meningkatkan model berkomunikasi. Perangkat Social media ini adalah hal yang lumrah selalu bersentuhan dengan aktivitas kita terutama tech savvy & pengguna internet.

Sifatnya yang interaktif dan sangat support dengan facilitating hyper conection diantara penggunanya menghasilkan jaringannya lebih massive dan secara efektif ‘menghancurkan’authorization dari mediamass mainstream. Karena hal itulah KENAPA berbagai corporate dan media tradisional HARUS mengenal social media marketing strategy.

Di tengah social media revolution ini cara Public Relations (PR) bekerja pun harus berubah. Sekarang ini berkembang istilah social media marketing & PR. Bagi korporate hal ini jadi hal yang baru, seru, sekaligus mengerikan, karena mereka tidak bisa lagi mengontrol apa yang dibicarakan publik.

Bicara studi baru para public relation ini tentu menarik kalau kita bergunjing Apa sesungguhnya arti istilah social media marketing? Bagaimana aplikasinya(strategy)? Dan apa manfaatnya bagi PR?

What Is Social Media Marketing?

Tentu jawabannya bisa beraneka ragam karena setiap kepala memiliki pemikiran masing masing, misalnya;

Social Media Marketing adalah bentuk marketing dengan memanfaatkan Social Media channel. Kedudukan diantara user bersifat horizontal yang berarti tidak ada pimpinan dan bawahan. dengan kata lain diantara user saling menghormati tanpa ada keterikatan birokrasi.

Kekuatan social media marketing berujung pada suara komunitas sebagai core power dan pusat gravity. Apabila suatu brand mampu ber-interaksi didalamnya kemudian memasarkan (marketing) suatu produk lalu banyak dibicarakan hal hal positif sehingga terbentuk opini komunitas maka ujung dari marketing strategy dapat terwujud, SALES.

Satu lagi penjelasan, yakni Marketing Sherpa mengenai social media marketing & PR.

Social Media Marketing and PR is the practice of facilitating a dialogue and sharing content between companies, influencers, prospects and customers, using various online platforms including blogs, professional and social networks, video and photo sharing, wikis, forums and related Web 2.0 technlogies.

Bagaimana Implementasi Social Media Marketing Strategy?

Menggunakan berbagai tool social media mulai dari yang berkomunikasi hingga mengukur efektifitas dan bagaimana pengaruhnya terhadap opini komunitas tersebut. Beberapa tool social media yang cukup populer adalah Radian6, Omniture, hingga Raven sebagai SEO tool moniotring. Bersama user di media sosial digital marketer turut berpartisipasi dan berkolaborasi dengan tujuan me-marketing produknya. Cara yang seperti ini memiliki impresi yang elegant karena brand diharuskan bertujuan utama untuk bagaimana meng-koneksi-kan antar member/netizen.

Social Media Marketing and PR is engaging + Community

Setelah asik mengulik social media marketing, sekarang kita bergunjing “apa manfaat social media marketing bagi dunia PR” ?

Dari kacamata Online Marketing Strategy, Social media merupakan wahana online yang konten utamanya diisi dan didominasi oleh publik dan berkolaborasi dengan karyawan pemilik wahana online tersebut. Aplikasi semacam ini  terlihat pada Youtube, Facebook dan juga corporate blog. Indikator dari conversation dalam ruang social media ini adalah menciptakan loyalty dan Promoter atau evangelist sebagai guardian angels of brand. Bagi divisi public relation rasanya perlu melihat dan mempelajari Net Promoter Score (NPS) setidaknya sebagai acuan seberapa banyak fans yang benar benar Anda miliki. Bukan cuma database atau contact list saja.

 

FOG communication 2012
Social Media Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*